Mengapa saya sering haus? 5 Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Haus adalah cara tubuh memberi tahu Anda bahwa tubuh sebenarnya kekurangan cairan. Merasa haus adalah hal yang normal. Namun, jika Anda terus merasa haus ketika Anda minum, ini bisa menunjukkan masalah kesehatan lain. Penasaran kenapa kamu sering haus? Inilah kemungkinannya!

(Tips Sehat Mie Ayam Jamur)

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup cairan untuk berfungsi normal. Biasanya dehidrasi disebabkan oleh banyak hal. Misalnya olahraga, diare, dan muntah. Jika tidak ada cairan dalam kondisi ini, Anda bisa mengalami dehidrasi.

Orang yang mengalami dehidrasi seringkali akan sangat haus. Selain itu, ada juga tanda-tanda lain yang menunjukkan Anda mengalami dehidrasi, yaitu urine berwarna gelap, jarang buang air kecil, mulut kering, kulit kering, lelah, dan pusing.

2. Kehilangan darah

Ketika tubuh kehilangan darah, misalnya saat menstruasi atau pendarahan, Anda akan merasa sering haus. Ketika tubuh kehilangan sejumlah darah, tubuh juga mengurangi jumlah cairan. Penurunan tingkat cairan dalam tubuh ini akhirnya membuat orang merasa haus sering.

3. Mulut kering

Saat mulut terasa sangat kering, ini bisa membuat Anda sangat haus. Mulut kering biasanya terjadi karena kelenjar di mulut Anda menghasilkan lebih sedikit air liur. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kondisi ini. Misalnya, karena efek obat yang Anda ambil, pengobatan penyakit tertentu, kerusakan saraf di kepala dan leher, atau karena merokok.

Selain itu, mulut kering juga bisa terjadi karena xerostomia. Xerostomia adalah kekeringan abnormal pada selaput lendir mulut karena perubahan atau penurunan saliva. Ini sering terjadi pada penuaan dan perubahan kadar hormon tertentu dalam tubuh.

4. Diabetes insipidus

Sering haus adalah gejala diabetes insipidus yang sering, mirip dengan diabetes mellitus.

Normalnya, ginjal membuang kelebihan cairan tubuh dari aliran darah, kemudian mengalir ke kandung kemih dan menjadi urine. Ketika tubuh berkeringat banyak atau kehilangan air, ginjal akan menyimpan cairan yang dilepaskan melalui urin.

Namun, pada penderita diabetes insipidus ginjal tidak bisa menahan keluar urine, sehingga penurunan volume cairan tubuh akan terjadi dalam skala besar. Telur ginjal menghasilkan urin sehingga penderita diabetes insipidus mudah mengalami dehidrasi karena terus buang air kecil. Inilah yang membuatnya sering haus.

5. Diabetes mellitus

Penderita diabetes mengalami polidipsia, yang merupakan gejala yang membuat orang selalu merasa haus. Karena tubuh tidak memproduksi atau tidak bisa menggunakan insulin dengan baik, glukosa dapat menumpuk terlalu banyak dalam darah.

Glukosa ini menarik lebih banyak air dan membuat orang sering buang air kecil. Karena sering buang air kecil, tubuh terasa haus lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *